Dalam kehidupan ini, banyak hewan yang diciptakan oleh Allah SWT. Beberapa di antaranya termasuk dalam kategori hewan berbahaya seperti harimau, ular, kalajengking, dan banyak lagi jenis hewan lainnya. Lalu kenapa Allah menciptakan hewan tersebut? Apa hikmahnya?

Untitled1

Sumber : nationalgheographic.com

Dilansir dari islamqa.info, ternyata ada dua hikmah Allah menciptakan hewan berbahaya.

Pertama, hikmah umum. Secara umum, sebagai muslim kita harus percaya bahwa segala sesuatu yang diciptakan Allah, ada manfaatnya. Jika sebagai manusia kita tidak mengetahuinya maka kita tidak diperbolehkan untuk berburuk sangka kepada Allah SWT.

Kedua, secara khusus terdapat beberapa hikmah kenapa Allah menciptakan hewan berbahaya, di antaranya adalah sebagai berikut,

1. Memperlihatkan Kekuasaan Allah SWT

Untitled2

Sumber : griyaquran.com

Jika kita memperhatikan, Allah menciptakan segala sesuatu di alam ini dengan begitu sempurna dan teratur. Rantai makanan mereka diatur sedemikian rupa, sehingga tidak ada makhluk Allah yang tidak mendapat rizkinya. Allah berfirman,

“Dan tidak satupun makhluk bergerak di bumi melainkan dijamin Allah rezekinya” (QS. Hud :6).

2. Ujian dan Ladang Amal Bagi Manusia

Untitled3

Sumber : snakeremoval.com

Hewan berbahaya yang diciptakan oleh Allah SWT bisa menjadi ujian dan ladang pahala bagi manusia. Hewan yang bisa membahayakan manusia disunnahkan untuk membunuhnya dan kita akan mendapatkan pahala ketika melakukannya. Selain itu, orang yang digigit oleh hewan tersebut juga akan mendapatkan pahala jika dia sabar dengan ketentuan Allah.

3. Manfaat bagi Kesehatan

Untitled4

Sumber : kebuena.com

Melalui penelitian dan ilmu pengetahuan dalam hal kedokteran, ternyata manusia menemukan bahwa racun pada ular juga terbukti mampu menjadi bahan efektif dalam berbagai kegiatan pengobatan. Misalnya menangkal racun hewan dan sebagai anti kanker. Subhanallah.